Steven Penulis blog yang hobi bermain game, tertarik dengan bisnis dan investasi reksadana

Jadwal Gelombang Pendaftaran Kartu Prakerja

4 min read

prakerja

Kartu Prakerja saat ini menjadi salah satu hal menarik. Adanya insentif menjadi salah satu daya tariknya dimana peserta yang memiliki kartu Prakerja akan mendapatkan sejumlah uang yang bisa dipakai untuk pelatihan dan insentif.

Uang tersebut tentunya sangat bermanfaat untuk menyambung hidup di masa ekonomi saat ini dimana adanya wabah Covid19 berdampak pada berbagai kalangan masyarakat.

Mulai dari pedagang, pelaku usaha UMKM hingga berskala besar, pariwisata, pekerja seni, hingga ojek online. Hampir semua merasakan dampaknya betapa pendapatan yang didapatkan berkurang bahkan ada ribuan pekerja kehilangan pekerjaan. Kartu Prakerja dianggap sebagai penolong yang diharapkan bisa menjadi penunjang dalam menyambung hidup untuk diri sendiri dan keluarga.

Bagaimana bisa mendapatkan kartu Prakerja? Kartu Prakerja ini telah dibuka oleh Pemerintah dan telah ada jutaan orang yang mendaftar. Simak informasi selengkapnya tentang jadwal gelombang pendaftaran kartu Prakerja, bagaimana cara agar lolos menjadi peserta, dan tips untuk bisa memanfaatkannya dengan maksimal di pembahasan ini, baca sampai selesai.

Info Gelombang Pendaftaran

Pemerintah menjalankan program kartu Prakerja ini secara bertahap, saat ini Kartu Prakerja dibuka dalam dua tahap, gelombang pertama dan gelombang kedua. Berikut rincian lengkapnya.

1. Gelombang Pertama

Gelombang pertama telah selesai dan ditutup pada hari Kamis, 16 April 2020 lalu. Semua peserta yang mendaftar telah dicek datanya dan diverifikasi, semuanya juga telah mendapatkan pemberitahuan mengenai status kelolosannya.

Direktur pelaksana program kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari menyampaikan data jumlah peserta yang lolos sebanyak 962.790 orang. Transfer dana telah dilakukan kepada peserta tersebut pada hari Rabu, 22 April 2020  sebanyak Rp 1 juta. Dana tersebut bisa langsung dipakai peserta untuk pelatihan.

Sedangkan sisa uang selanjutnya akan diberikan setelah peserta mengikuti pelatihan dan mendapatkan evaluasi. Seperti yang telah disampaikan dimana total dana yang didapatkan sebanyak Rp 3,55 juta. Biaya pelatihan sebesar Rp 1 juta, insentif pasca pelatihan Rp 600 ribu tiap bulan selama 4 bulan, dan insentif evaluasi sebesar Rp 50 ribu untuk tiga kali.

Diharapkan peserta gelombang pertama yang lolos bisa memanfaatkan sebaik mungkin untuk meningkatkan ketrampilan dan produktifitas kerja. Peserta bisa mulai berkunjung ke salah satu mitra pelatihan yang telah bekerjasama dengan Pemerintah yaitu Tokopedia, Bukalapak, RuangGuru, Pijar Mahir, Mau Belajar Apa, Pintaria, Sisnaker (Sistem Informasi Ketenagakerjaan Kementrian Tenaga Kerja), dan Sekolahmu.

Status peserta yang lolos bisa dinonaktifkan ika tidak kunjung memilih pelatihan yang telah disediakan, Pemerintah memberikan waktu selambatnya 30 hari sejak diberikan pengumuman kelolosan. Lewat dari batas waktu yang ditentukan, maka data peserta akan hangus dan tidak bisa mendapatkan pelatihan maupun uang insentif.

2. Gelombang Kedua

Gelombang kedua dibuka sejak 20 April 2020 dan ditutup pada 23 April 2020 pukul 16.00 WIB. Peserta yang tidak lolos gelombang pertama bisa mencoba kembali di gelombang kedua, yakni dengan mengulang tes kemampuan dasar dengan akun yang sudah didaftarkan di laman website Prakerja.go.id.

Tips agar disetujui

Kartu Prakerja tidak asal diberikan begitu saja, ada syarat dan pelatihan yang wajib diikuti. Tidak semua orang yang mendaftar akan diterima. Berikut tips agar diterima menjadi peserta Kartu Prakerja dan bisa mendapatkan semua dana yang dijanjikan. Simak baik-baik Anda yang baru memulai mendaftar gelombang kedua ataupun Anda yang gagal di gelombang pertama.

1. Pastikan syarat dasar terpenuhi

Anda yang ingin lolos kartu Prakerja harus memiliki syarat utama saat mendaftar yakni :

  • WNI dan memiliki KTP.
  • Usia di atas 18 tahun.
  • Tidak sedang menempuh pendidikan.
  • Memiliki email dan nomor telepon yang aktif

2. Mengisi data dengan benar

Nama lengkap, alamat email, nomor NIK, dan data lainnya harus diisi dengan benar untuk bisa lolos kartu Prakerja. Jika ada kekurangan, misalnya KTP yang diunggah kurang jelas, tanggal lahir tidak sesuai KTP, NIK salah, atau tidak melakukan verifikasi email dan nomor telepon, menjadi sebab utama gagalnya memiliki kartu Prakerja. Sebab itu lakukan langkah awal dengan teliti dan benar.

3. Masalah verifikasi

Kode yang dikirim di email dan nomor telepon hanya memiliki jangak waktu beberapa menit saja, untuk itu, agar berhasil lolos menjadi peserta kartu Prakerja, segera masukkan kode setelah menerimanya, sebab jika terlambat memasukkan kode, harus mengulang semua langkah dari awal. Jika mengalami kesulitan saat verifikasi, segera hubungi customer service via email di [email protected] atau melalui call center 021-2554124 agar solusi permasalahanmu segera dibantu.

4. Dari segi tes seleksi

Sebagaimana diketahui pendaftar yang berhasil membuat akun selanjutnya wajib mengikuti tes seleksi. Disini penting untuk memahami beberapa wawasan dasar dan mengisi dengan sungguh-sungguh mengenai tes motivasi. Siapkan alat tulis dan kertas agar bisa dipakai saat dibutuhkan tanpa harus buang waktu sebab tes seleksi hanya diberi waktu 255 menit. Pastikan pula koneksi internetmu lancar agar tidak terkendala jaringan.

Sudah Punya Kartu Prakerja

Jika sudah memiliki kartu Prakerja atau sudah lolos menjadi peserta, apa yang harus dilakukan? Nah, Anda harus bisa memanfaatkan sebaik mungkin, dana pelatihan yang diberikan sebesar Rp 1 juta, ada beragam pelatihan dan beragam pula biayanya. Anda bisa memilih satu atau beberapa jenis pelatihan asalkan tidak melewati jumlah dana yang diberikan.

Jadi pilih pelatihan yang benar-benar Anda inginkan dan simak segala informasi serta teknik yang diberikan dengan baik sehingga nantinya bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Tiap pelatihan juga diberikan modul pembelajaran sehingga Anda bisa mempelajarinya berulang.

Semua jenis pelatihan saat ini dilakukan secara online untuk menghindari penyebaran Covid19, berikut jenis mitra dan jenis pelatihan yang disediakan yang bisa Anda pilih saat sudah menjadi peserta kartu Prakerja.

1. Tokopedia

Perusahaan teknologi online shop ini memiliki 12 kategori pelatihan yang bisa dipilih peserta kartu Prakerja. Yaitu bisnis, pengembangan diri, bahasa marketing, data dan IT, fotografi, kesenian, jasa, kecantikan, tata boga, dan sertifikasi.

Tokopedia bersama Pemerintah telah bekerjasama dengan sejumlah lembaga terkenal yaitu EF (Education First), Tempo Institute, hingga Binar Academy. Peserta bisa memilih sesuai minat misalnya kelas menulis online yang dilatih oleh Tempo Institute, teknik memasak bersama Cheft Juna, hingga tips meraih omset 10 juta dari media sosial yang juga dilatih oleh pakar profesional.

2. RuangGuru

RuangGuru memberikan pelatihan skill academy yang bisa diambil dalam enam kelas, semua pelajaran bisa diselesaikan dalam satu hari. Pelatihan yang diberikan ialah perencanaan keuangan untuk buruh harian atau pekerja lepas, pelatihan komunikasi, percakapan bahasa Inggris, teknik mengelola stres agar tetap produktif di tengah pandemi Covid19, manajemen waktu, hingga tips merencanakan dana pensiun

3. Pintaria

Perusahaan teknologi di bidang pendidikan ini memberikan pelatihan dengan durasi 10 jam. Pelatihan fokus pada tindakan seperti cara merintis bisnis kue, cara membuka warung kopi, dan berbagai jenis tips usaha dasar.

4. Mau Belajar Apa

Platform pasar online ini menawarkan pelatihan yang nantinya bisa dimanfaatkan langsung sebagai pekerja seperti menjadi wirausaha, barista, juru masak, hingga sekretaris. Beberapa pelatihan yang dibuka diantaranya belajar menjadi MC, belajar jualan online, pelatihan memasak, hingga berbahasa Inggris tulisan dan pengucapan.

5. Bukalapak

Perusahaan rintisan tanah air ini menjalankan sejumlah voucher belajar online yang berhubungan dengan perdagangan dan penjualan, dimana ada berbagai tips jualan online, komunikasi, cara meraih jangkauan pasar, etika promosi online, dan cara mengatur keuangan untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

6. Pijar Mahir

Khusus untuk peserta kartu Prakerja, Pijar Mahir memberikan  jenis pelatihan, yaitu wirausaha, pemasaran, bahasa asing, media digital, administrasi, dan teknologi informasi. Contoh materinya ialah belajar membuat CV yang baik, tips wawancara kerja, teknik menulis artikel untuk pemula, membuat dokumen admistrasi perkantoran, membuat laporan keuangan, dan materi lainnya bisa dilihat di halaman resmi platform ini.

7. Sekolahmu

Untuk mendukung program kartu Prakerja, Sekolahmu memberikan pelatihan di bidang tata kecantikan, seni, dakwah, pariwisata, restoran, hotel, dan teknologi. Contoh materi pelatihannya ialah resep memasak sederhana bersama Chef Dea Vialdo, menambah penghasilan dengan menjadi guru online, cara promosi bisnis dan usaha melalui Instagram, tips presentasi profesional, belajar programming, dan dasar-dasar pembuatan website.

8. Sisnaker

Platform ini dikelola dan diawasi langsung oleh Kementrian Ketenagakerjaan. Sisnaker menyediakan 56 pelatihan beberapa diantaranya ialah cara beriklan di Youtube dan tips membuat konten menarik, teknik rias glamour, belajar pemograman, teknisi komputer, komunikasi perhotelan, dan masih banyak lagi.

Steven Penulis blog yang hobi bermain game, tertarik dengan bisnis dan investasi reksadana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *