Steven Penulis blog yang hobi bermain game, tertarik dengan bisnis dan investasi reksadana

Panduan dalam Pendaftaran Kartu Prakerja

4 min read

prakerja

Pemerintah Indonesia kini telah melakukan tindakan nyata untuk membantu rakyat yang terdampak badai Covid19. Realisasi Kartu Prakerja dipercepat, anggaran ditambah dan kuota diperbanyak, demi membantu para korban PHK, pencari kerja, pelaku UMKM, dan semua yang mengalami sulitnya ekonomi di tengah wabah Covid19.

Pemerintah Indonesia telah menambah anggaran menjadi Rp 20 Triliun, dua kali lipat dari jumlah total rencana anggaran sebelumnya. Kuota juga dinaikkan menjadi 5,6 juta orang. Pendaftaran resmi bisa dilakukan melalui halaman website Prakerja.go.id mulai 11 April 2020 sd September 2020.

Adanya program kartu Prakerja ini jelas disambut antusias oleh masyarakat. Sudahkah Anda mengenal apa itu kartu Prakerja? Atau Anda pernah mendengarnya namun belum memahami secara utuh? Disini kami jelaskan selengkapnya tentang panduan dalam pendaftaran kartu Prakerja.

Kartu Prakerja

Kartu Prakerja ialah sebuah program bantuan biaya dan pelatihan untuk mengembangkan kompetensi kerja. Bantuan yang diberikan untuk biaya pelatihan, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan penerima. Namun kini kartu Prakerja juga ditujukan untuk meringankan beban masyarakat yang mengalami kesulitan ekonomi akibat pandemi Covid19. Bantuan ini hanya diberikan satu kali seumur hidup untuk tiap peserta yang mendaftar.

Setiap penerima kartu Prakerja akan mendapatkan bantuan senilai Rp 3.550.000 yang terdiri dari :

  • Bantuan biaya pelatihan senilai Rp 1.000.000 untuk membeli berbagai alat pelatihan usaha.
  • Insentif pasca pelatihan senilai Rp 2.400.000 yang diberikan bertahap selama 4 bulan.
  • Insentif pasca evaluasi senilai Rp 150.000 diberikan selama 3 kali evaluasi.

Pelatihan akan dilakukan secara online di berbagai wilayah bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja. Jenis pelatihan tersebut diantaranya cara membangun usaha, aplikasi komputer, rias, penulisan, dagang melalui media sosial, dan masih banyak lagi.

Peserta bisa memlih jenis pelatihan sesuai keinginan atau keterampilan apa yang ingin dikembangkan. Diharapkan dengan memberikan keterampilan dan bantuan uang tunai, bisa membantu masyarakat memiliki kehidupan ekonomi yang lebih baik.

Cara Daftar Kartu Prakerja

Lalu bagaimana cara mendaftar dan mendapatkan kartu Prakerja? Nah, sebelum memahami lebih jauh, pendaftar harus menyiapkan beberapa dokumen pribadi, yaitu :

  • KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • Nomor telepon yang aktif
  • Email aktif

Pendaftar juga harus memenuhi syarat tertentu, yaitu :

  • Warga Negara Indonesia (WNI) berusia minimal 18 tahun pada saat mendaftar.
  • Tidak sedang menempuh pendidikan formal seperti perkuliahan atau akademi.

Jika identitas pribadi dan semua syarat terpenuhi, pendaftaran bisa dilakukan secara online. Berikut panduan pendaftaran kartu Prakerja selengkapnya.

Membuat akun

Pendaftar wajib membuat akun terlebih dahulu di website prakerja.go.id, caranya mudah, cukup memakai alamat email aktif dan nomor telepon. Data yang diisi seperti nama dan nomor KTP juga harus sesuai dengan identitas pribadi yang disahkah oleh Negara.

  • Buka Prakerja.go.id.
  • Klik tombol daftar.
  • Masukkan nomor ponsel dan alamat email yang aktif.
  • Pilih menu Verifikasi.
  • Tunggu kode verifikasi dikirim ke email dan nomor telepon, masukkan kode sesuai yang dikirimkan.
  • Jika semua langkah selesai, artinya pendaftaran berhasil dan sudah memiliki akun kartu Prakerja.

Mendaftarkan Diri

Nah, setelah membuat akun, saatnya lanjut ke menu pendaftaran inti, bisa dilakukan dengan cara ini :

  • Masuk halaman Prakerja.go.id, login akun, pilih menu daftar kartu Prakerja.
  • Ada beberapa data dasar yang wajib diisi seperti nama, nomor identitas, alamat, jenis kelamin, pendidikan terakhir, dan status pekerjaan saat ini. Isi sesuai format dan pastikan data sama dengan KTP.
  • Unggah foto KTP dan selfie dengan KTP, pastikan wajah dan data di KTP terlihat jelas. KTP yang diunggah harus berformat JPEG/ PNG, difoto langsung atau bukan hasil scan, ukuran di bawah 2 MB, dan tidak buram.
  • Pilih menu selanjutnya.
  • Selanjutnya pendaftar akan diminta mengisi lembar tes kemampuan dasar. Tes terdiri dari matematika dasar, pemahaman bacaan, pengurutan kata, dan tes tentang motivasi diri, semuanya terdiri dari 18 soal, diisi dalam waktu maksimal 2 menit. Pastikan koneksi internet stabil agar tidak gagal saat pengisian dan pastikan jawaban benar sesuai kemampuan, klik selesai.
  • Setelah selesai mendaftar dan mengisi tes kemampuan dasar, pendaftar tinggal menunggu pemberitahuan. Akan dilakukan verifikasi terlebih dahulu, memastikan pendaftar tidak sedang menempuh pendidikan kuliah, sekolah, atau pendidikan formal lainnya.

Diutamakan pula pendaftar yang belum pernah menerima bansos (bantuan sosial). Semuanya harus sesuai, dari segi umur, tes dasar, dan lainnya. Jika lolos, pendaftar akan mendapatkan notifikasi lewat email.

  • Klik menu cek status pendaftaran jika berhasil. Jika belum berhasil, maka bisa dicoba di waktu yang lain. Tidak perlu membuat akun lagi, cukup ulangi tes kemampuan dasar.
  • Bagi yang lolos akan mendapatkan pelatihan dan uang bantuan.

Memilih Pelatihan

Setelah berhasil mendaftar dan memiliki kartu Prakerja, peserta bisa mengikuti pelatihan online yang disediakan Pemerintah serta mendapatkan uang insentif. Pelatihan dapat dipilih sendiri, nantinya peserta akan mendapatkan sertifikat dari lembaga pelatihan yang bekerjasama dengan Pemerintah.

Pengambilan Insentif

Selesai pelatihan dilakukan, peserta tinggal menunggu evaluasi dan dana insentif yang dijanjikan. Insentif akan dikirim secara transfer atau non tunai melalui BNI (Bank Negara Indonesia), Link Aja, atau OVO.

Insentif bebas dipakai untuk apa saja, misalnya untuk meringankan beban terkait masalah ekonomi akibat Covid19, biaya usaha, dan sebagainya. Insentif hanya akan didapatkan peserta jika :

  • Peserta telah menyelesaikan pelatihan.
  • Telah dievaluasi atau dinilai oleh lembaga yang bersangkutan.
  • Mendapatkan persetujuan dari tim kartu Prakerja.

Jumlah insentif bisa dicek di akun dashboard, peserta bisa memeriksanya secara berkala.

Jika ada masalah atau kendala tentang kartu Prakerja, Pemerintah menyediakan layanan bantuan di (021) 2554124 yang siap membantu setiap hari Senin sd Jumat jam 08.00 – 19.00, atau melalui email di [email protected]

Kegunaan

Kartu Prakerja diluncurkan bukan tanpa guna, ada  berbagai hal menarik yang bisa didapatkan peserta darinya, diantaranya

  1. Meningkatkan kompetensi dan keterampilan
    Kartu Prakerja yang memang memberikan pelatihan bagi peserta mampu memberikan kompetensi lebih dan keterampilan usaha. Ada berbagai pengetahuan dasar yang mungkin sebelumnya tidak diketahui serta beragam pelatihan detail yang diberikan oleh Lembaga terpercaya. Pelatihan diberikan secara bertahap, diberikan modul yang jelas, serta evaluasi menyeluruh sehingga peserta bisa memahami kemampuan dirinya dan mendapatkan wawasan untuk apa kelak keterampilannya akan digunakan.
  2. Membuka peluang usaha
    Memiliki keterampilan sangat berguna untuk menjalankan usaha, hal ini bisa membantu peserta mencari rezeki dan pendapatan dari ilmu yang didapatnya. Keterampilan yang dimiliki juga bisa diajarkan kepada tetangga atau orang sekitar.
  3. Mengurangi pengangguran
    Peserta yang telah memiliki keterampilan bisa menjalankan usaha dengan modal sendiri atau insentif yang diterima, atau melamar pekerjaan ke Perusahaan yang berhubungan. Dengan demikian pengangguran akan berkurang dan motivasi usaha meningkat.
  4. Membantu perekonomian
    Adanya insentif jelas sangat berguna untuk peserta, insentif bisa dipakai untuk membantu perekonomian pribadi dengan jalan usaha sesuai keterampilan yang didapatnya.

Manfaat

Kartu Prakerja yang begitu banyak peminatnya ini juga dipercaya akan memberikan manfaat pada peserta, dimana manfaat ini belum tentu bisa didapatkan di tempat lain, yaitu :

  1. Pelatihan dan sertifikat gratis
    Mengikuti sebuah pelatihan di lembaga atau tempat khusus lainnya tidaklah tanpa biaya, banyak kalangan yang tidak mampu menggapainya karena tidak memiliki uang sehingga membuat mereka kesulitan melakukan usaha atau melamar pekerjaan.

    Sedangkan kartu Prakerja memberikan pelatihan dan sertifikat gratis bagi pesertanya, sangat bermanfaat terlebih di masa saat ini dimana banyak orang di PHK, keterampilan bisa dipakai untuk memulai usaha sendiri agar bisa mendapatkan penghasilan.
  2. Insentif
    Insentif berupa uang, inilah yang banyak menjadi tujuan utama peserta untuk mendapatkan kartu Prakerja. Terlebih insentif bebas dipakai untuk apapun, sangat bermanfaat untuk menunjang hidup. Ibaratnya, siapa yang tak senang mendapatkan pelatihan sekaligus uang gratis?

Dampak kartu Prakerja untuk peserta sesuai dengan peserta itu sendiri, serius tidaknya mengikuti pelatihan dan untuk apa uang insentif akan digunakan. Jauh lebih baik untuk memanfaatkan sebaik mungkin sebagai jalan usaha agar memiliki wawasan serta penghasilan tambahan sehingga apa yang saat ini diusahakan dan diberikan Pemerintah tidak menjadi sia-sia.

Dapatkan kartu Prakerja dengan cara yang telah penulis uraikan dan manfaatkan sebaik mungkin untuk memiliki kehidupan yang lebih baik. Semoga berhasil

Steven Penulis blog yang hobi bermain game, tertarik dengan bisnis dan investasi reksadana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *