Steven Penulis blog yang hobi bermain game, tertarik dengan bisnis dan investasi reksadana

Peluang Usaha Rumahan Di Desa dengan Modal Kecil Dan Menguntungkan

5 min read

Peluang Usaha Rumahan Di Desa Dengan Modal Kecil Dan Menguntungkan

Sebagai dampak dari penerapan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di kota-kota besar, salah satunya Jakarta, banyak perusahan yang terpaksa harus memberhentikan para karyawan nya.

Dan alhasil, para karyawan ini tidak punya pilihan dan akhirnya mereka memutuskan untuk pulang kampung walaupun sebenarnya itu dilarang.

Andai semua orang mampu berpikir kreatif dan optimis, sebenarnya Anda tidak harus pergi ke kota besar untuk mendapatkan penghasilan. Masih banyak peluang usaha yang bisa dilakukan di desa dan menjanjikan keuntungan.

Desa memiliki komoditas yang mungkin tidak bisa ditiru oleh orang-orang di kota. Selain itu, usaha di desa bisa dikembangkan dengan modal usaha skala kecil.

Sekarang desa pun bisa dikatakan memiliki teknologi yang cukup maju dengan adanya akses internet. Sehingga tidak kalah dengan kota-kota besar lainnya.

Coba saja pikirkan, daripada sekarang Anda bekerja di Kota dengan resiko pemutusan kerja yang cukup besar dan ujung-ujungnya juga Anda harus pulang ke kampung. Kenapa Anda tidak mencoba menggarap peluang usaha di desa?

Lalu peluang bisnis apa yang bisa dilakukan di desa dengan modal kecil namun menguntungkan?

Di artikel ini, kami akan memberikan beberapa peluang usaha rumahan di desa tersebut untuk Anda.

9 Peluang Usaha Rumahan di Desa Bermodal Kecil dan Menguntungkan

1. Jasa Potong Rambut

Peluang usaha rumahan yang pertama adalah membuka jasa potong rambut atau salon. Ini sangat cocok sekali bagi Anda yang memiliki keahlian memotong rambut.

Jika Anda tidak mempunyai keahlian tersebut pun, Anda bisa belajar mengikut kursus terlebih dahulu atau pun belajar dari berbagai macam sumber seperti blog atau video youtube. Yang penting ada kemauan untuk mengembangkan diri.

Selain itu, bisnis ini akan menjadi peluang besar jika di sekitaran lingkungan Anda tidak banyak orang yang membuka usaha sejenis.

Maka Anda bisa mencoba membuka jasa potong rambut di rumah dan Anda pun bisa memberikan pelayanan lainnya seperti perawatan tubuh dan kecantikan lainnya.

2. Jasa Menjahit Pakaian

Menurut kami, membuka jasa menjahit pakaian merupakan jasa yang banyak dicari orang dan konstan. Maksudnya, di berbagai kondisi pasti ada saja orang yang ingin membuat baju atau pakaian.

Terlebih jika jasa yang kita berikan memberikan hasil yang sangat memuaskan  dan akhirnya pengguna jasa kita akan menjadi pelanggan yang setia.

Dan ini uniknya, di desa kita tidak memerlukan promosi yang cukup mahal untuk memperkenalkan jasa menjahit yang kita miliki.

Biasanya apabila hasil jasa kita bagus dan pelanggan menyukainya, maka mereka dengan sukarela akan memberitahukan kepada sanak saudara dan orang lain bahwa Anda adalah penjahit yang handal.

Sehingga pesanan pun akan mulai berdatangan secara bertahap.

Oleh karena itu, membuka jasa menjahit bisa menjadi peluang usaha rumahan yang bisa Anda coba di desa.

3. Usaha Kuliner

Apakah Anda memiliki hobi memasak? Jika masakan Anda enak dan keluarga menyukainya, kenapa Anda tidak membuka usaha di bidang kuliner saja?

Usaha kuliner adalah sebuah usaha yang mungkin tidak ada matinya, bisa dikembangkan dengan skala modal yang bervariasi.

Yang terpenting adalah Anda harus kreatif menyajikan sebuah makanan yang unik dan enak.

Sebagai contoh, ada sebuah usaha kuliner di desa kami yang berkembang dengan baik yaitu usaha makanan seblak.

Mungkin bahan utama seblak ya itu itu saja, tetapi sang pemilik usaha memiliki keahlian dalam meracik bumbu sehingga banyak orang yang menyukainya.

Dari yang tadinya hanya memanfaatkan lahan di depan rumah, kini dia sudah memiliki tempat semacam kafe untuk para pelanggan yang ingin menikmati nikmatnya seblak mereka.

Ini bisa menginspirasi Anda, mereka bisa melakukannya kenapa Anda tidak? Dan yang tidak kalah pentingnya juga, agar usaha kuliner ini bisa berkembang, Anda harus memperhatikan tren makanan sekarang dan mengikutinya.

4. Jasa Cuci Baju

Jika Anda memiliki lahan lebih di sekitaran rumah Anda, misalnya di halaman belakang rumah, Anda bisa membuka jasa cuci baju atau laundry.

Jangan salah, sekarang usaha laundry tidak hanya ada di kota-kota besar saja. Di desa pun permintaan atau minat masyarakat terhadap jasa ini juga cukup tinggi.

Untuk membuka bisnis ini mungkin Anda membutuhkan beberapa kebutuhan pendukung misalnya mesin cuci, setrika, sabun, pewangi plastik atau lainnya.

Berikan beberapa penawaran jasa antar jemput sehingga bisa memudahkan konsumen dan jadikan mereka sebagai pelanggan setia Anda dengan memberikan layanan yang baik.

5. Jasa Desain dan Percetakan

Peluang usaha rumahan selanjutnya adalah membuka jasa desain dan percetakan. Di desa usaha ini akan menjadi sangat menguntungkan.

Kenapa? Karena fasilitas desa yang mungkin tidak seperti di kota sehingga masyarakat memerlukan jasa tersebut.

Misalnya di desa, tidak semua siswa memiliki laptop, printer atau semacamnya sehingga ketika mereka mengerjakan tugas yang harus diketik, maka mereka lebih memilih mencari jasa pengetikan dokumen.

Atau pun pelaku usaha yang ingin membuat nama tokonya, banner atau apapun itu, mereka akan datang ke rumah Anda untuk minta dibuatkan desain yang menarik.

Jadi, jasa ini memiliki peluang yang menjanjikan jika ditekuni secara serius di desa.

6. Beternak Lele

Biasanya rumah-rumah di desa itu selalu memiliki lahan lebih yang cukup luas. Sekarang, tugas Anda untuk memanfaatkan lahan terebut menjadi tempat untuk beternak lele.

Beternak lele ini sangat menjanjikan karena banyak sekali rumah makan yang menghidangkan menu ikan lele untuk para pelanggan mereka. Disamping itu kita bisa memberikan gizi yang cukup untuk keluarga.

Namun, ada dua jenis peternakan lele yang bisa Anda lakukan.

Pertama adalah pembibitan lele. Maksudnya Anda hanya fokus pada bagaimana memelihara induk lele untuk bisa bertelur dan menghasilkan banyak bibit lele.

Dan selanjutnya Anda tinggan memelihara bibit lele tersebut sampai ukuran tubuh tertentu dan menjualnya. Jangan takut tidak ada pembeli karena banyak sekali petani pembesar lele yang akan datang ke rumah Anda untuk membelinya.

Terlebih jika bibit lele yang Anda kembangkan memiliki kualitas yang bagus.

Yang kedua adalah memelihara lele untuk dibesarkan sehingga siap untuk dikonsumsi. Anda bisa menyalurkan ikan lele ini ke berbagai rumah makan di desa Anda, atau bahkan Anda bisa mengirim hasil panen lele ini ke kota-kota besar.

7. Beternak Ayam Kampung

Peluang usaha rumahan selanjutnya adalah beternak ayam kampung. Bisnis ini adalah bisnis yang hanya bisa dilakukan oleh orang desa saja.

Modal utama dari usaha ini adalah lahan yang relatif luas yang dimiliki oleh orang orang di desa. Sehingga bisnis ini akan bisa dikembangkan lebih jauh lagi.

Kenapa beternak ayam kampung ini bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan di desa?

Pertama ayam kampung memiliki kualitas yang berbeda dengan ayam potong. Ayam kampung memiliki nutrisi, keamanan daging dari berbagai penyakit membuatnya menjadi sebuah kebutuhan yang terus meningkat.

Beternak ayam kampung yang difokuskan untuk memenuhi kebutuhan rumah makan – rumah makan bisa menjadi peluang usaha ruamaha yang menggiurkan.

Bahkan Anda bisa mengirimkan hasil ternak Anda ke kota-kota besar dan menjadi juragan ayam kampung. Apa tidak keren tuh?

Jadi, cobalah untuk beternak ayam kampung di desa Anda sendiri.

8. Petani Jamur Tiram

Tahukah Anda bahwa mengembangkan usaha jamur tiram bisa memberikan penghasilan harian?

Mengembangkan jamur tiram ini merupakan peluang usaha yang strategis karena bisnis ini bisa dimulai dengan modal yang relatif sedikit.

Selain itu, di desa kita bisa menemukan bahan baku, seperti dedak dan serbuk kayu, untuk media pertumbuhan jamur tiram dengan mudah dan dengan harga yang relatif murah jika dibandingkan dengan di kota. Bahkan mungkin saja Anda bisa mendapatkannya secara gratis karena berlimpahnya bahan baku ini.

Begitupun dengan perlengkapan lainnya seperti drum bekas dan plastik untuk membuat log.

Anda bisa belajar dari internet bagaimana membudidayakan jamur tiram ini atau langsung bertemu dengan orang yang sudah bergelut di bisnis ini.

Dan ketika Anda sudah berhasil, maka Anda akan bisa memanen jamur tiram ini setiap hari dan mendapatkan penghasilan darinya.

9. Petani Organik

Peluang usaha ini merupakan peluang usaha yang sangat menarik. Menariknya makanan organik ini dikembangkan sepenuhnya di desa tetapu pasar untuk penjualan berada di kota.

Makanan organik seperti sayur dan buah-buahan yang dikembangkan tanpa menggunakan bahan kimia memiliki nutrisi dan kadar gizi yang lebih tinggi dibandingkan dengan makanan biasa.

Sehingga makanan organik ini sangat bagus untuk kesehatan tubuh kita.

Oleh karena itu, banyak sekali orang-orang kota yang mulai mencari makanan organik ini. Dan ini tentunya adalah pasar yang sangat menjanjikan.

Perlu Anda ketahui bahwa kesuburan tanah di desa lebih terlindungi dari kontaminasi bahan-bahan kimia sehingga bisnis ini akan sangat bisa dikembangkan di desa. Dan yang paling menggiurkan adalah harga makanan organik seperti sayuran organik ini jauh lebih mahal daripada sayuran biasa.

Kesimpulan

Berusaha atau memiliki bisnis di desa bisa sangat menjanjikan dan memiliki peluang besar. Dengan modal kecil, kita bisa mengembangkan bisnis tersebut dengan baik.

Hanya perlu ketekukan dan keseriusan dalam menggarapnya, maka kesuksesan akan menghampiri Anda.

Ini jauh lebih baik daripada Anda harus ke kota mencari pekerjaan dan bekerja pada orang lain. Bekerja untuk diri sendiri akan jauh lebih nikmat.

Masalah keahlian dalam mengembangkan bisnis di desa, Anda bisa belajar dari berbagai macam sumber seperti internet atau orang-orang yang telah berkecimpung di dunia usaha tersebut lebih dulu.

Dan beberapa peluang usaha rumahan di desa yang telah kami tulis diatas semoga menginspirasi Anda dan membuat Anda untuk mengembangkan diri di desa.

Steven Penulis blog yang hobi bermain game, tertarik dengan bisnis dan investasi reksadana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *