Steven Penulis blog yang hobi bermain game, tertarik dengan bisnis dan investasi reksadana

Inilah Peluang Usaha Rumahan Yang Menguntungkan di Saat Wabah Corona

3 min read

Inilah Peluang Usaha Rumahan Yang Menguntungkan Di Saat Wabah Corona

Sedang mencari inspirasi atau peluang usaha rumahan yang bisa dilakukan di tengah wabah corona seperti sekarang ini? Jika demikian, maka Anda berada di tempat yang tepat.

Di artikel ini, kami akan membahas tentang beberapa peluang usaha rumahan yang dijamin bisa menguntungkan walaupun di tengah pandemi corona.

Wabah corona yang terjadi beberapa bulan terakhir memang memberikan dampak yang luar biasa bagi kehidupan sosial dan kehidupan ekonomi masyarakat.

Wabah corona ini telah memaksa kita untuk tidak beraktifitas di luar rumah dan membuat sebagian besar para pekerja harus kehilangan pekerjaan atau sumber penghasilannya.

Kondisi ini bisa menjadi sebuah dilema. Di satu sisi kita harus diam di rumah untuk membantu memutus penyebaran virus corona, di sisi lain kita tetap harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga.

Salah satu solusi yang muncul di tengah kondisi seperti ini adalah work from home atau bekerja di rumah. Seorang kepala keluarga akhirnya harus memutar otak bagaimana bisa menghasilkan uang dari rumah.

Terlebih jika daerah tempat tinggal Anda sudah diberlakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dimana kita benar-benar diharuskan untuk tetap diam di rumah untuk memutus mata rantai penyebaran virus.

Mau tidak mau kita harus beradaptasi dengan situasi ini dengan pola kerja yang baru. Kita dituntut untuk bisa bekerja di rumah.

Hikmahnya, kita harus mencari peluang bisnis baru yang bisa dilakukan dari rumah. Dan, inilah beberapa peluang usaha rumahan yang mudah-mudahan bisa menginspirasi Anda.

8 Peluang Usaha Rumahan Menguntungkan Di Tengah Wabah Virus Corona

1. Bisnis Online

Memang bisnis online ini bukan lagi sebuah hal yang baru di masyarakat bahkan sebelum wabah corona ini merebak di Indonesia. Banyak orang yang melakukan bisnis online ini karena fleksibiltasnya.

Bisnis online bisa dilakukan dari rumah, barang bisa dipersiapkan di rumah atau bahkan dilakukan secara drophsip. Selain itu, transaksi pun bisa dilakukan melalui m-banking dengan segala kemudahaannya.

Bagi Anda yang sudah melakukan bisnis online ini, situasi sekarang ini tidak menjadi masalah yang terlalu berat karena sudah terbiasa dengan aktifitas bisnis yang dilakukan di rumah.

Namun, bagi Anda yang memang baru dalam hal ini, maka tidak ada salahnya untuk mulai mencoba terjun di dunia bisnis online.

Ingatlah, bisnis online tidak terbatas pada menjual barang saja, akan tetapi Anda bisa menjual jasa secara online. Salah satu contohnya adalah membuat kelas online bagi mereka yang ingin belajar bahasa Inggris ataupun kelas online keahlian yang lainnya.

Jadi, melakukan bisnis online ini bisa menjadi pilihan Anda untuk mendapatkan penghasilan di saat wabah corona sedang merebak di Indonesia.

2. Bisnis Masker Kain

Pemerintah mengharuskan kita untuk selalu menggunakan masker apabila kita harus keluar rumah. Ditambah organisasi kesehatan dunia (WHO) menyarankan kita untuk mengganti masker yang digunakan setelah kurang lebih 4 jam pemakain untuk menjaga efektifitas masker tersebut dalam mencegah virus.

Kondisi ini bagi seorang pengusaha menjadi sebuah peluang usaha yang menguntungkan. Kita bisa membangun bisnis pembuatan masker kain.

Dimana masker tersebut menjadi barang yang paling dicari sehingga permintaan pasar terhadap masker ini akan selalu tinggi.

Jika Anda memiliki modal yang cukup, kenapa tidak Anda membangun bisnis pembuatan masker kain yang berpotensi besar memberikan keuntungan untuk Anda.

3. Bisnis Hand Sanitizer

Selain masker, ada barang lain yang berpotensi memberikan keuntungan lainnya di saat wabah corona ini. Barang tersebut adalah hand sanitizer.

Permintaan pasar terhadap hand sanitizer ini menjadi sangat tinggi.

Hal ini karena selain diharuskan menggunakan masker, masyarakat di himbau untuk selalu menjaga kebersihan tangannya. Dan hand sanitizer menjadi pilihan banyak orang karena efektifitasnya dalam membunuh kuman dan virus di tangan.

Dan sebagai pengusaha, ini menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan.

Akan tetapi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam melakukan bisnis hand sanitizer ini. Pertama, kita harus tahu bagaimana cara membuat hand sanitizer yang sesuai standar WHO.

Kedua, jika kita ingin memasarkan produk hand sanitizer ini lebih luas lagi maka kita perlu memiliki ijin edar dari BPOM.

4. Bisnis Makanan Beku

Dengan adanya himbauan untuk tidak keluar rumah selama wabah virus corona ini, maka masyarakat mau tidak mau harus menyetok makanan di rumah mereka. Ini mereka lakukan untuk mengurangi intensitas keluar rumah.

Dengan melihat kondisi seperti itu, maka ini bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan. Anda bisa menjual produk makanan beku atau frozen food.

Kenapa makanan beku? Karena makanan jenis ini akan lebih tahan lama disimpan dirumah.

Namun, Anda harus tetap memastikan bahwa produk yang Anda jual harus benar-benar bisa bertahan lama dan praktis.

Jenis makanannya mungkin bisa mulai dari makanan ringan atau camilan sampai ke bahan makanan lainnya. Selain itu, Anda harus bisa mendapatkan penyalur makanan beku dengan harga yang kompetitif sehingga Anda bisa mengambil keuntungan yang cukup lumayan.

5. Bisnis Ramuan Herbal

Seperti yang kita ketahui bahwa, virus corona ini belum ditemukan obatnya. Sehingga, hal yang bisa kita lakukan adalah meningkatkan sistem imun tubuh serta selalu menjaga kesehatan.

Selain itu, banyak pula para pakar kesehatan mengatakan bahwa beberapa produk herbal seperti kunyit, jahe, kencur, temulawak, habbatusauda, madu dan herbal lainnya bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Informasi ini tentu akan membuat permintaan pasar terhadap produk-produk herbal ini akan semakin tinggi dan meningkat.

Dan Sebagai pengusaha, ini bisa menjadi peluang usaha yang bisa Anda lakukan di tengah wabah ini. Anda bisa mulai mencari suplier produk herbal itu dan mulai menjualnya.

6. Konveksi APD

Jika Anda sebelumnya memiliki bisnis konveksi, maka sudah saatnya sekarang Anda memfokuskan pada pembuatan APD (Alat Pelindung Diri) / Hazmat.

Hal ini karena APD atau Hazmat menjadi salah satu prioritas utama yang digunakan oleh tenaga medis dalam menangani pasien positif Covid-19. Selain itu, karena hazmat ini adalah pakaian proteksi yang digunakan sekali pakai, maka permintaan terhadap produk ini akan selalu tinggi.

Sehingga, Anda bisa memanfaatkan situasi ini untuk memenuhi permintaan dengan memfokuskan pada pembuatan alat pelindung diri atau hazmat.

7. Jual Pulsa Atau Kuota Internet

Dengan tidak keluar rumah, orang mungkin pasti akan merasa bosan. Dan salah satu cara untuk mengusir kebosanan itu adalah dengan menggunakan internet di gadget mereka.

Sehingga, penggunaan internet akan jauh lebih tinggi daripada biasanya.

Dan ini merupakan peluang usaha yang bisa menguntungkan. Anda bisa menjual pulsa atau kuota internet.

8. Freelance Penulis Artikel

Peluang usaha ini merupakan bagi Anda yang suka menulis. Anda bisa menjadi freelance penulis artikel selama kondisi wabah seperti ini.

Menjadi penulis artikel ini pun sangat menguntungkan karena kita bisa menjual artikel kita di forum atau kita bisa menjadi freelancer di beberapa situs.

Untuk pembayaran, ada yang menggunakan dollar dan Anda tahu sendiri bahwa nilai tukar dollar terhadap rupiah sedang menguat.

Jadi, yang perlu Anda siapkan hanyalah skill menulis, laptop, internet dan Anda pun siap menghasilkan uang di rumah.

Kesimpulan

Sebagai pengusaha, tentu kita harus bisa mencari peluang usaha yang menguntungkan walaupun dalam kondisi wabah seperti ini agar perekonomian tetap berjalan.

Dan semua ide peluang usaha yang kami tulis diatas bisa menjadi inspirasi bagi Anda.

Yang perlu Anda perhatikan ketika ingin memulai usaha tersebut adalah memilih ide peluang usaha yang sesuai dengan kemampuan dan sesuai pula dengan pasar yang berada di lingkungan Anda.

Semoga bermanfaat.

Steven Penulis blog yang hobi bermain game, tertarik dengan bisnis dan investasi reksadana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *